Kamis, 24 Maret 2011

Kunci Rahasia Orang Jarang Sakit Adalah Berteman

Terkadang anda bertanya-tanya bagaimana seseorang jarang sakit. Padahal, orang tersebut memiliki kebiasaan olahraga dan pola makan yang sama dengan Anda. Bahkan, Anda sering olahraga bersama orang tersebut.

Olahraga teratur dan pola makan yang sehat belum tentu menjadi tolak ukur kesehatan seseorang. Gene Stone dalam bukunya yang berjudul The Secrets of People Who Never Get Sick mengatakan rahasia kesehatan seseorang lebih dari dua hal tersebut.

Menurut Stone, berikut sejumlah rahasia yang membuat orang jarang sakit:

a. Punya teman
Anda sering sakit akibat memendam sendiri masalah setiap hari? Sudah saatnya Anda memiliki teman untuk berbagi dalam hal apapun dan bersenang-senang bersama mereka.

Memiliki teman dan bergabung dalam sebuah komunitas dapat menurunkan kadar stres Anda. Selain itu, memiliki teman baik dapat melindungi diri Anda dari serangan jantung, mencegah infeksi dan menaikkan imunitas tubuh.b. Menjaga berat badan ideal
Apalagi yang bisa membuat Anda sehat selain menjaga berat badan. Ideal dalam hal ini adalah berat badan yang sesuai dengan tinggi badan usia Anda. Seperti yang sudah sering menjadi isu kesehatan, menjaga berat badan ideal akan mencegah risiko terkena serangan jantung, tekanan darah tinggi, kanker, dan diabetes.

c. Jauhi stres
Pikiran Anda menentukan segala yang terjadi pada tubuh Anda. Jika pikiran Anda sehat, tubuh Anda otomatis akan menjadi sehat. Jauhkan pikiran-pikiran yang dapat membuat Anda stres sepanjang waktu.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa stres adalah bagian dari rutinitas sehari-hari. Yang perlu Anda lakukan adalah menghadang dan menurunkan kadarnya seminim mungkin.

Banyak cara meredakan stres yang bisa Anda lakukan. Mulai dari melakukan hobi, makan coklat, berjalan santai atau sekedar mendengarkan musik. Jauhkan stres dan lihatlah Anda akan sehat sepanjang waktu.

d. Berbaring atau tidur siang

Merebahkan diri di atas sofa empuk terkesan sebagai pemalas dan tidak sehat. Justru Anda sebaiknya merebahkan diri atau tidur siang disela-sela pukul 1 hingga 3 siang.

Kegiatan ini akan menaikkan imunitas Anda dan menaikkan hormon yang mampu untuk menurunkan kadar stres Anda. Kalaupun tidak ada waktu untuk tidur siang, cobalah berbaring di atas sofa sambil memejamkan mata dan mendengarkan musik.

e. Mandi air dingin

Mandi air dingin bukan berarti Anda mandi air sedingin es. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mandi air dingin ternyata dapat menaikkan antioksidan alami tubuh.

Dengan naiknya kadar antioksidan alami ini, Anda bisa terhindar dari pengaruh radikal bebas dari polusi yang menghampiri tubuh Anda setiap hari. Mandi air hangat memang nyaman, tetapi bila ingin sehat, cobalah untuk memakai air dingin.

Sumber Metro TV News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar