Sabtu, 25 Desember 2010

TUGAS MANAJEMEN UMUM (1)

TUGAS MANAJEMEN UMUM 1
NAMA: IRVAN MUDA SAPUTRA
NPM: 33110637
KELAS: 1DB19

1. Mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen, jelaskan ?
jawaban:
a. Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan yang saling bertentangan
b. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
c. Untuk mencapai tujuan

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
jawaban:
a. Manager
orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan
b. Wiraswata
memahami, mengorganisasikan dan menjalankan perusahaan
c. Wirausaha
orang yang memiliki kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumberdaya yang dibutuhkan guna mengambil tindakan yang tepat dalam memastikan keberhasilan.
d. Supervisi
pengarahan dan pengendalian keryawan-karywan tingkat bawah dalam suatu organisasi.

3. Jelaskan 10 peran dari manajer ?
jawaban:
Henry Mintzberg : Mengkaji peran manajerial, yaitu :
1. Peran antar pribadi
a. Tokoh atau pemuka simbolis
Menjalankan tugas-tugas seremonial sebagai kepala
b. Pemimpin
Bekerja dengan dan melalui orang lain, bertanggung jawab dan bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan bawahan.
c. Penghubung
Bekerja sama dengan orang didalam daan diluar organisasi
2. Peran informasional
a. Pemantau atau maonitoring
Mencari informasi yang bermanfaat bagi organisasi baik didalam dan diluar organisasi
b. Penyebar
Menyalurkan informsi penting kepada bawahan
c. Jurubicara
Sebagai wakil organisasi dalam menyalurkan informasi kepada orang diluar unit kerja dan diluar organisasi.
3. Peran pengambil keputusan
a. Wiraswastawan
Para manajer harus mempunyai inisiatif dan kreatifitas dalam upaya meningkatkan unit-unit mereka.
b. Penangkal kesulitan/gangguan
Dapat menyelesaikan berbagai macam masalah yang sulit dan menelusuri, sampai mengeluarkan keputusan yang tidak disenangi, berfikir secara analitis dan konseptual.
c. Pengalokasian sumber daya
Kepada siapa, kapan diproduksi, untuk apa diproduksi, bagaimana sumber daya dialokasikan atau harus mampu menyeimbangkan antara berbagai tujuan dan kebutuhan
d. Negotiator
Sebagai perunding baik di dalam organisasi dan dengan organisasi lain.

4. Jelaskan tingkatan manajer dalam manajemen ?
jawaban:
Tingkatan Manajemen
1. Manajer lini – pertama
Mengarahkan karyawan operasional
Contoh : Kepala, mandor, penyelia
2. Manajer menengah
mengimplementasikan kebijakan organisasi dan membuat keseimbangan antara tuntutan atasan dan kemampuan bawahannya.
Contoh : Kepala bagian, Kepala sub divisi
3. Manajer puncak
bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dari organisasi.
Contoh kepala eksekutif, direktur utama, wakil direktur

5. Coba jelaskan menurut saudara, efisiensi memberikan dampak positif dan keunggulan bagi suatu organisasi ?
jawaban:
Organisasi dikatakan mempunyai dampak positif apabila orang-orangnya melakukan pekerjaan dengan benar diikuti dengan rasa tanggungjawab atas suatu pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar