Selasa, 10 Januari 2012

TUGAS VI (SIM 1)

Kesimpulan dari tugas pertama mengenai :

"Implementasi Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif Dalam Operasional Perusahaan Pada Era Globalisasi"

Dikarenakan jaman sudah berbeda. Banyak penyebab terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak, karena perkembangan pesat teknologi informasi yang bermunculan. Penggabungan yang dilakukan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Sistem informasi sekarang ini sudah sangat berkembang dengan cepat. Jadi intinya bahasan ini menjelaskan tentang keunggulan-keunggulan teknologi pada masa era globalisasi yang akan memberikan pengaruh besar bagi kesuksesan sema perusahaan.


Kesimpulan dari tugas kedua mengenai :


"Apa yang anda ketahui tentang Sistem Informasi Manajemen???"
"Apa peranan SIM dalam operasional perusahaan???"

Seperti yang kita ketahui Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah kumpulan dari sistem manajemen atau sistem yang menyediakan informasi bertujuan mendukung operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi cenderung berhubungan dengan pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.dengan mempertimbangkan apa.untuk siapa,dan kapan harus disajikan. Jadi dapat disimpulkan SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

Lalu Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Sistem informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi.



Kesimpulan dari tugas ketiga mengenai : 
"Jelaskan evolusi dari Computer Based Information System !"
"Jelaskan mafaat dan kendala yang bisa diantisipasi dari perdagangan melalui jaringan elektronik (E-Commerce) !"
"Jelaskan model yang digunakan dalam Model Sistem Umum Perusahaan !"
"Apa yang anda ketahui mengenai Konsep Management by Exception , jelaskan !"

Dengan menjelaskan evolusi dari CBIS kita dapat mengetahui bahwa CBIS merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.


Lalu kita dapat melihat dengan jelas  manfaat dan kendala yang akan kita dapat jika melalukan perdagangan melalui jaringan elektronik (E-Commerce) :

Manfaat :
Bagi Konsumen            : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
Bagi Pengelola bisnis    : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu.
Bagi Manajemen          : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

Kendala :
  • Penduduk Indonesia masih banyak yang belum percaya dengan sistem belanja yang tidak dapat melihat barang akan dibeli secara langsung.
  • Harus sanggup bersaing dengan orang lain yang memiliki inovasi kreatifitas yang tinggi agar tidak cepat gulung tikar
  • Banyaknya kriminalitas di internet, seperti card froud (pencurian akses kartu kredit). Ini semakin membuat orang konsumen malas berbelanja online

Kesimpulan dari tugas keempat mengenai :
"Keamanan dan Kontrol Sistem Informasi"
Kesimpulannya Dengan adanya keamanan dan control dari Sistem Informasi yang sangat bagus maka system perdagangan yang menggunakan media elektronik banyak yang menggunakannya. Salah satu contoh yang menggunakan keamanan Sistem infor masi adalah E-Commerce. Lalu Karena sekarang semuanya sudah terdapat di media elektronik ini. Pada jaman sekarang ini lebih difokuskan agar kita lebih modern dengan segala teknologi-teknologi yang sudah diciptakan. banyak nilai positifnya dengan kita melakukan perdagangan dimedia elektronik. Kita lebih irit,waktu,biaya, tenaga dsb.


Kesimpulan didapatkan dari tugas ke lima yang mengenai :
"E-COMMERCE"

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet
e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar